Manfaat Dan Kandungan Gizi Ikan Mas

Manfaat Dan Kandungan Gizi Ikan Mas - Ikan mas atau ikan dalam latin bernama Cyprinus carpio adalah ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan tersebar luas di Indonesia. Ikan emas sudah mulai dipelihara masyarakat luas di Cina sejak tahun 475 sebelum Masehi. Di Indonesia ikan mas dimulai pada dipertahankan pada tahun 1920. Ikan mas yang ditemukan di Indonesia adalah ikan mas yang dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan dan Jepang. Di Indonesia, ikan mas memiliki beberapa nama panggilan yang Kancra, tikeu, tombro, raja, Rayo, ameh atau nama lain sesuai dengan daerah penyebarannya. Ikan mas merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, lateral rata tubuh memanjang dan lembut. Ikan mas sudah dapat dibudidayakan di kolam biasa, ladang, waduk, sungai air deras bahkan di akuarium
ikan mas

Sampai saat ini sudah ada 10 ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologi. Goldfish diklasifikasikan omnivora, yaitu ikan yang dapat memangsa berbagai makanan, baik yang berasal dari tanaman mikroskopis dan hewan. Namun, tanaman pangan utama dan hewan yang berada di dasar dan tepi.

Klasifikasi ikan mas adalah sebagai berikut:
  • Kelas       : Osteichthyes
  • Grader     : Actinopterygii
  • Bangsa     : Cypriniformes
  • Suku        : Cyprinidae
  • Jalan raya: Cyprinus
  • Jenis        : Cyprinus carpio L.
Kandungan nutrisi 
  • Protein 16,0 g
  • Lemak 2,0 g
  • Kalsium 20 mg
  • Fosfor 150 mg
Jenis-jenis ikan mas:

Ikan mas Punten: sisik hijau tua; pintas sebagian besar lembaga; punggung tinggi dan lebar; sedikit mata melotot; Gerakan lincah; perbandingan antara panjang badan dan tinggi antara 2,3: 1.

Ikan mas Majalaya: sisik berwarna hijau keabu-abuan dengan tepi yang lebih gelap dari sisik; kembali tinggi; nya relatif singkat; gerakan lambat, ketika diberikan makanan seperti berenang di air; rasio panjang tubuh dengan tinggi antara 3,2: 1.

Ikan mas nyonya: pucat sisik kuning; panjang badan relatif; mata pada ikan muda tidak menonjol, sedangkan ikan dewasa bermata sipit; Gerakan lambat, lebih memilih untuk berada di permukaan air; rasio panjang tubuh dengan tinggi antara 3,6: 1.

Ikan mas Taiwan: sisik berwarna hijau kekuningan; panjang badan relatif; dibulatkan kembali penampang; sedikit mata melotot; lebih lincah dan gerakan aktif; rasio panjang tubuh dengan tinggi antara 3,5: 1.

Ikan koi: bentuk bulat tubuh panjang dan penuh bersisisk; berbagai skala warna seperti putih, kuning, merah terang, atau kombinasi dari warna-warna ini.

Manfaat Ikan Mas

Ikan mas selain memiliki daging yang lezat dan nikmat, juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Berikut manfaat ikan mas bagi kita :
1. Mencegah penyakit jantung dan gagal jantung, karena mengandung omega-3 asam lemak
2. Menurunkan tekanan darah
3. Mengurangi berat badan
4. Merangsang otak anak dan pertumbuhan yang tinggi
5. Mengurangi risiko kanker payudara, usus besar dan prostat
6. Mencegah radang sendi
7. Menjaga kesehatan mata
8. Menunda proses penuaan dini (keriput)
9. Mengurangi rasa mudah tertekan dan ketakutan yang berlebihan

10. Mengatasi Batuk. Untuk mengatasi batuk anda, anda bisa menyembuhkan dengan bahan ikan mas. Caranya adalah sebagai berikut. Siapkan 300 gr ikan mas, 10 gr kencur, dan 3 gelas air. Selanjutnya tumbuk halus kencur, dan campur semua bahan menjadi satu. Tambahkan air dan masak hingga matang. Setelah matang dianjurkan agar anda langsung menyantapnya. Ini cukup dibuat 2 kali dalam seminggu.
11. Gangguan tulang panggul sempit. Untuk mengatasi gangguan ini anda harus mempersiapkan 300 gr ikan mas, 10 gr, Jahe, Garam, 3 gelas air. Selanjutnya campur semua bahan menjadi satu dan masak menggunakan air hingga matang. Setelah matang anda bisa langsung menyantapnya bersama kuahnya. Sebaiknya bisa dikonsumsi sehari sekali, selama 7-10 hari.
12. Kaki bengkak. Untuk mengatasikaki Anda yang bengkak, Anda harus mempersiapkan 300 gr ikan mas, 35 gr kacang merah kecil, garam, dan 3 gelas air. Cara pembuatannya cukup mudah. Campurkan ikan mas dan kacang merah dan tambahkan garam secukupnya. Masak bahan dengan air hingga matang. Makan ramuan selagi hangat. Sebaiknya dilakukan sehari sekali, selama 3 kali seminggu, sampai sembuh.
Demikianlah artikel kami tentang Manfaat dan Kandungan Gizi Ikan Mas. Semoga sedikit artikel dari kami ini bisa membantu anda yang sekarang sedang mencari manfaat dan kandungan gizi ikan mas. Jangan lupa baca artikel menarik kami yang lainnya. Terimakasih atas kunjungan anda pada blog kami.
     

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Dan Kandungan Gizi Ikan Mas"

Post a Comment